top of page
  • Writer's pictureAJP Blogger

Yuk, Ketahui Cara Membuat Kardus Sendiri!

Pabrik Kardus dan Karton Box Terpercaya di Jawa Tengah, Indonesia.
Membuat Kotak Kemasan Kardus Mandiri

Bagi Anda yang sedang menjalankan usaha, salah satu hal yang wajib dipersiapkan adalah tempat pengemasan yang rapi dan bisa melindungi produk agar tidak mudah rusak. Jika produk yang Anda pasarkan adalah sepatu, tentu harus mengutamakan packaging box yang bisa menjaga produk agar terlihat lebih rapi. 

Sebenarnya, Anda bisa membuat packaging box dengan cara membuat kardus sendiri yang cukup mudah. Anda bisa memanfaatkan barang di sekitar yang masih bagus dan bersih. Untuk membuat kardus sendiri, pastikan Anda bisa mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan agar hasilnya bisa maksimal ya.


Bahan yang Perlu dipersiapkan dan Cara Membuat Kardus Sendiri

Salah satu keunggulan dalam membuat kardus sendiri yaitu bisa mengurangi biaya packaging untuk produk rumahan. Dalam hal ini, Anda bisa dengan bebas mengekspresikan kreativitas saat membuat packaging kardus sendiri.

Langkah pertama, dalam membuat kardus sendiri adalah mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Sebut saja kardus lembaran baru atau bekas yang masih bersih dan layak dipakai (ukuran dan warnanya bisa disesuaikan dengan keinginan), produk yang akan dijual, lakban, kantong plastik, kertas putih, penggaris, paper wrap, dan cutter atau gunting.

Kedua, setelah bahan-bahan sudah Anda siapkan, perhatikan konsep pesanan yang diinginkan. Apabila pelanggan menginginkan kardus untuk tempat dokumen, maka pastikan Anda sudah menyiapkan ruang atau sekat yang kokoh agar dokumen bisa disimpan dengan rapi dan tidak jatuh. 

Ketiga, untuk meminimalisir adanya bahan yang terbuang, pastikan Anda sudah mengukur luas dan tinggi kardus yang diperlukan. 

Setelah menyiapkan semua yang diperlukan, Anda bisa mulai membuatnya dengan cara berikut ini.

  1. Sebelumnya, Anda pasti sudah mengukur berapa luas dan tinggi kardus yang diperlukan. Selanjutnya Anda bisa mulai membuat kerangka. Misalnya, Anda membuat kardus pesanan khusus untuk pakaian atau sepatu, dengan perhitungan yang tepat agar bisa membuat kardus pesanan khusus sesuai apa yang diinginkan oleh pelanggan.

  2. Perhatikan juga, jika kerangka sudah sesuai, rekatkan setiap sisi kardus dengan lakban. Pastikan semua sisinya tampak rapi, tidak ada celah sedikitpun yang memungkinkan kotoran ata hewan masuk mengkontaminasi produk Anda. 

  3. Anda bisa mulai memasukan produk ke dalam kardus satu per satu. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah jangan sampai ada celah kosong di antara produk agar tidak saling bergeser hingga rusak. Cobalah untuk menggunakan bantalan seperti sekat kardus lembaran.

  4. Setelah produknya tersusun rapi, tutuplah setiap sisi kardus dengan rapat.

  5. Jangan lupa untuk menempelkan stiker atau tulisan yang diminta pelanggan.

Supplier Kardus dan Karton Box Terbesar di Indonesia
Kreativitas Desain Kemasan Karton Box

Hal tersulit yang mungkin Anda hadapi adalah ketika membuat kerangkanya. Karena Anda harus benar-benar mengukur setiap sisi secara tepat, memotongnya dengan rapi, dan meletakkannya dengan hati-hati.

Itulah informasi terkait cara membuat packaging box yang bisa Anda lakukan sendiri, cukup mudah bukan?

Jika saat ini Anda masih merasa kesulitan untuk membuatnya sendiri, Anda bisa menggunakan kardus dengan memesan packaging dari PT. Anugrah Jaya Packindo. Kami adalah supplier kardus dan karton box Jawa Tengah, tepatnya sebagai supplier kemasan kardus di Boyolali.

Berbagai jenis packaging berkualitas bisa Anda dapatkan di sini, dengan keamanan yang terjaga dan harga yang sesuai dengan kualitas yang akan Anda dapatkan. Untuk itu, pesan sekarang juga!



Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page