top of page
  • Writer's pictureAJP Blogger

Perubahan Harga Kardus Indonesia dan Dunia: Bagaimana Menyikapinya?

Yuk simak dulu, aspek-aspek penting yang menyebabkan harganya terus berubah-ubah.

Kardus atau box merupakan jenis kemasan yang umumnya terbuat dari bahan kertas kraft yang diolah sedemikian rupa. Fungsinya antara lain untuk mengemas produk dan menyimpan berbagai macam barang seperti pakaian, makanan, dan sebagainya. Harga kardus cukup bervariasi, tergantung ketebalan dan modelnya.

Karena fungsinya sebagai wadah atau kemasan, memilih kardus haruslah tepat sesuai dengan jenis produknya. Itu sebabnya Anda perlu mengetahui setiap jenis kardus beserta harganya agar anggaran dapat terencana dengan baik.

Harga kardus dan kertas di Indonesia
Harga Kardus yang Beragam Kegunaannya, Sangat Dipengaruhi Fluktuasi Ekonomi Indonesia

Kardus, Bahan Penting dalam Pengemasan

Tidak dapat disangkal bahwa kemasan produk adalah salah satu faktor kunci yang dapat mempengaruhi penjualan barang. Sayangnya, masih banyak pelaku usaha yang mengabaikan peran kemasan produk dan hanya memprioritaskan kualitas produknya. Padahal, selain kualitas produk, kemasan juga merupakan daya tarik utama yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika produk dengan kualitas yang bagus belum tentu memiliki banyak peminat.

Saat ini konsumen lebih tertarik pada tampilan luar kemasannya. Salah satu jenis kemasan yang sering digunakan dalam proses distribusi produk adalah kemasan kardus. Ternyata, kemasan kardus cukup efektif digunakan sebagai media promosi untuk merek suatu produk.

Dengan mencetak logo atau desain yang menarik pada kemasan kardus, pelanggan dapat lebih mudah mengenali merek. Hal ini dapat memperkuat hubungan antara produsen dan konsumen, serta memudahkan konsumen untuk memilih produk yang ingin dibeli.


Kardus Berdasarkan Jenis Packing-nya

Ketika digunakan untuk packing, material kardus ini banyak diberi tambahan sesuai jenis barang yang akan dikemas. Sebagai contoh produk makanan, packing-nya memakai kardus dengan laminasi anti minyak. Nah, tambahan material inilah yang juga mempengaruhi biaya produksi kardus untuk packing.


1. Kardus Laminasi Anti Minyak

Produk-produk makanan biasanya menggunakan kardus dengan tambahan laminasi anti minyak. Tujuan penambahan laminasi adalah untuk mengurangi risiko rembes minyak dari makanan. Dengan begitu, makanan tetap aman dan kemasan packing Anda pun telah tepat guna sesuai jenis produknya.


2. Kardus dengan Desain dan Corak yang Khas

Sebagai media promosi, mendesain kemasan dapat menjadi ciri khas yang membedakan produk Anda dengan kompetitor. Oleh karenanya, tersedia pilihan desain kardus custom dengan beragam corak yang dapat Anda kreasikan. Namun, konsekuensinya, Anda harus mengeluarkan biaya lebih banyak.


3. Kardus Packing Multifungsi

Jenis kardus ini didesain berbentuk kotak, hanya dibedakan berdasarkan ukuran. Biasanya kardus packing multifungsi banyak digunakan untuk keperluan kemasan online shop. Selain sebagai kemasan produk, Anda juga dapat menggunakan kardus ini untuk menyimpan barang dan mengirim paket.


Kardus Berdasarkan Ketebalan

Selain dilihat dari material, harga kardus bisa tergantung dari ketebalannya. Setidaknya ada tiga jenis kardus packing menurut ketebalannya, yaitu sebagai berikut.


1. Kardus Packing Single Wall

Jenis kardus ini merupakan kardus packing yang hanya menggunakan satu lapisan saja, dengan ketebalan sekitar 3-4 mm. Meskipun hanya terdiri dari satu lapisan, kardus ini tetap memiliki ketebalan yang cukup sehingga tidak membutuhkan lapisan tambahan.


2. Kardus Packing Double Wall

Jenis kardus ini memiliki ketebalan dua kali lipat dibandingkan dengan single wall. Yang artinya cocok untuk mengemas benda-benda yang membutuhkan perlindungan ekstra.

Kardus double wall bisa dibuat dengan menumpuk dua lapisan single wall. Biasanya ketebalan maksimal dari double wall adalah sekitar 6-7 mm.


3. Kardus Packing Triple Wall

Terakhir, jenis kardus ini terdiri dari tiga lapisan yang menyebabkan kemasan ini sangat tebal. Itulah sebabnya kardus packing triple wall cocok digunakan untuk pengiriman Internasional atau ekspor. Kardus ini biasanya terdiri dari 7 lapisan kertas dengan ketebalan mencapai 10 mm. Kekuatannya hampir setara dengan kotak kayu, namun dengan harga yang jauh lebih murah ketimbang menggunakan kotak kayu.


Semakin tebal kardus, harganya pun akan semakin mahal. Hal ini lantaran kekuatannya merupakan yang terbaik. Tidak mesti harus membeli jenis kardus paling tebal, lagi-lagi Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan.


Perubahan Harga Kardus dan Perbandingannya

Perubahan harga kardus di Indonesia dan dunia terjadi sejak beberapa tahun terakhir ini. Namun, fluktuasi harga dapat terjadi sepanjang waktu. Hal tersebut tergantung pada faktor-faktor seperti pasokan bahan baku, permintaan pasar, tingkat inflasi, dan kondisi ekonomi global.

Perubahan harga kardus juga dapat terjadi secara musiman tergantung pada kebutuhan industri tertentu. Misalnya saja industri makanan dan minuman yang biasanya membutuhkan kemasan dalam jumlah besar menjelang hari raya atau momen-momen tertentu.

Beberapa faktor seperti kenaikan harga bahan baku secara signifikan atau kebijakan pemerintah terkait impor-ekspor juga dapat memicu perubahan harga. Sebagai contoh, pada tahun 2020 terjadi kenaikan harga kardus di Indonesia. Hal ini terjadi akibat kenaikan harga bahan baku kertas yang masih banyak Indonesia impor dari luar negeri dan meningkatnya permintaan kardus dari sektor e-commerce dan logistik.

Di sisi lain, di beberapa negara seperti AS dan Eropa, harga kardus juga mengalami kenaikan. Alasannya lantaran adanya peningkatan permintaan dari sektor e-commerce dan penurunan pasokan kertas daur ulang akibat pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, perubahan harga kemasan kardus dapat terjadi kapan saja dan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor ekonomi yang kompleks.


Cara Menyikapi Fluktuasi Harga Kardus

Fluktuasi harga kertas dan kardus di Indonesia
Penting untuk Melakukan Efisiensi Internal

Fluktuasi harga menjadi tantangan tersendiri. Selain harus beradaptasi secara global, juga sangat penting dalam mengelola internal. Sebab, sebenarnya manajemen internal lebih dapat dikontrol dibandingkan faktor eksternal yang mempengaruhi fluktuasi harga. Berikut cara menyikapi fluktuasi harga kardus.



1. Mengelola stok bahan baku dengan baik

Anda dapat mengelola stok bahan baku kardus dengan baik sehingga dapat mengurangi dampak fluktuasi harga bahan baku. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan pembelian bahan kardus dalam jumlah cukup untuk memenuhi kebutuhan produksi.

Selain itu, penting untuk memonitor stok bahan baku secara berkala. Tujuannya agar dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan pembelian bahan kardus lagi.

Hal ini juga membantu Anda dalam menghindari kekurangan atau kelebihan stok bahan kardus yang dapat menyebabkan kerugian.


2. Meningkatkan efisiensi produksi

Anda dapat meningkatkan efisiensi produksi dengan cara mengoptimalkan proses produksi dan mengurangi biaya produksi yang tidak perlu. Hal ini dapat membantu mengurangi dampak fluktuasi harga. Sebab, biaya produksi yang lebih efisien dapat membantu mengimbangi kenaikan harga bahan baku.

Dengan meningkatkan efisiensi produksi, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan bahan baku kardus dan mengurangi biaya produksi yang tidak perlu. Alhasil dapat mengurangi biaya produksi secara keseluruhan.

Anda tetap mendapatkan laba meskipun harga kardusnya naik. Sebaliknya, jika biaya produksi tidak diatur dengan baik, kenaikan harga dapat berdampak langsung pada laba perusahaan.


3. Menyesuaikan harga jual

Anda juga dapat menyesuaikan harga jual kardus dengan harga bahan baku yang berlaku saat itu. Dengan menyesuaikan harga jual, Anda dapat meminimalkan dampak fluktuasi harga kardus pada keuntungan usaha.

Akan tetapi, penting untuk tetap melihat tren pasar. Jika harga jual terlalu tinggi, produk akan kesulitan bersaing. Jadi, pastikan produk Anda layak dipasarkan dengan harga yang tidak terlalu jauh daripada di pasaran.


Nah itu dia seputar kemasan kardus, fenomena harga kardus, dan cara menyikapi fluktuasi harga yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Sangat penting memiliki perencanaan yang baik menyangkut anggaran. Mulailah mencari supplier kardus dan karton box dengan harga yang cenderung stabil.

Kami PT Anugrah Jaya Packindo adalah supplier pilihan, yang mengutamakan kualitas produk, ketepatan waktu pengiriman. dan dengan harga yang bersaing. Selama ini kami memenuhi permintaan pasar dengan terus mengelola ketersediaan stok kardus. Hal tersebut juga sebagai upaya mengantisipasi fluktuasi sehingga tidak berdampak pada bisnis pelanggan.


Комментарии


Комментарии отключены.
bottom of page