top of page
  • Writer's pictureAJP Blogger

12 Jenis-jenis Kardus yang Ada Di Pasaran, Cek Sekarang!

Updated: Nov 24, 2023

Ada banyak jenis-jenis kardus yang beredar di pasaran. Mengingat, kardus adalah salah satu bahan kemasan yang sangat umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

PT. Anugrah Jaya Packindo supplier berbagai jenis kardus dan karton box di Jawa Tengah.
Contoh Kotak Kardus Simpel dan Elegan

Apalagi kardus dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, baik untuk membungkus produk, mengirim barang, hingga menyimpan barang. Kardus pun sangat praktis dan ramah lingkungan karena dapat didaur ulang dan tidak mudah rusak. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis-jenis kardus yang berbeda-beda? Jenis tersebut disesuaikan kebutuhan produk. Berikut ini adalah berbagai jenis kardus yang perlu diketahui.

Kali ini, akan dibahas mengenai kardus corrugated. Kardus tipe ini merupakan kardus yang umumnya dipakai untuk berat dan volume barang yang besar. Hal ini disebabkan oleh adanya lapisan flute yang terdiri dari beberapa lapisan kertas yang membentuk ruang bergelombang di dalam kardus.

Semakin besar beban yang diisi dalam kardus corrugated cardboard, semakin banyak lapisan flute yang terdapat di dalamnya. Kardus ini juga cocok digunakan untuk menyimpan barang-barang pecah belah.

Keberadaan flute dalam kardus corrugated cardboard berfungsi untuk melindungi barang agar tidak mudah rusak akibat guncangan dan perangkap udara agar tidak terjadi perubahan suhu dan kelembaban secara ekstrim pada produk di dalamnya. Permukaan yang tebal juga dapat berfungsi sebagai bantalan bagi barang yang ada di dalamnya.

Berdasarkan ketebalan lapisan pembentukannya, kardus corrugated cardboard pada umumnya dapat dibedakan menjadi empat jenis, yaitu:

  • Single Wall (Double Faced): Terdiri dari satu lapisan flute yang dikelilingi oleh dua lapisan liner.

  • Single Face: Punya satu lapisan flute yang dilapisi oleh satu lapisan liner.

  • Double Wall: Kardus ini memiliki dua lapisan flute yang dikelilingi oleh tiga lapisan liner.

  • Triple Wall: Memiliki tiga lapisan flute yang dikelilingi oleh empat lapisan liner.

Jenis-Jenis Kardus yang Ada di Pasaran

Sering menjumpai kardus yang kecil dan lentur? Kardus yang besar dan sangat keras? Atau bahkan kardus yang bisa menampung berat beban puluhan kilogram? Memang, kardus memiliki banyak jenis dan juga varian yang secara umum dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

PT. Anugrah Jaya Packindo pabrik kardus custom di Boyolali, Jawa Tengah.
Variasi Bentuk Unik Kotak Kemasan Kardus

1. Kardus Standar / Box A1 / Box B1

Jenis ini dinamakan demikian karena bentuknya menjadi standar yang dikenal oleh banyak orang. Tipe ini juga paling umum dijumpai di pasaran. Apalagi dari sisi bentuk, umumnya berbentuk kubus atau balok dengan sisi persegi dan persegi panjang.

Ciri khas lainnya adalah sisi yang menjadi penutup bagian bawah akan saling bertemu unjungnya saat dilipat. Sehingga, sangat cocok digunakan sebagai pembungkus makanan dan barang-barang umum lainnya.


2. Kardus Partial Overlap / Box A5

Pada dasarnya, tipe kardus ini tidak jauh berbeda dengan kardus standar. Bentuknya juga terdiri dari sisi persegi dan persegi panjang yang membentuk balok atau kubus dengan bentuk yang sederhana.

Perbedaan mencoloknya adalah sebagian sisi penutup bagian bawah dan atas yang akan saling bertumpuan saat dilipat.


3. Kardus Full Overlap

Kardus full overlap memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan kardus standar dan overlap. Perbedaannya yaitu sisi penutup yang panjang saling bertumpu dan mampu menutupi seluruh permukaan kardus saat ditutup. Dengan look yang unik, kardus jenis ini banyak difungsikan sebagai kemasan produk barang berat, seperti kardus sparepart, kardus mesin, kardus TV, kardus heavy duty, dan lain-lain.


4. Kardus Telescope / Top Bottom

Tipe kardus ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian bawah dan bagian atas. Kardus ini berbeda dengan tipe kardus lain yang umumnya sudah dalam bentuk satu kesatuan dan tinggal dilipat. Jenis kardus ini umumnya digunakan sebagai wadah penyimpanan karena mudah dibuka dan ditutup.


5. Kardus Die Cut

Kardus die cut memiliki tampilan yang berbeda dibandingkan dengan kardus lainnya. Perbedaan paling mencolok yaitu pada keberadaan lubang selipan di berbagai sisi. Kemudian, dapat juga dikombinasikan dengan lubang pegangan.

Dari sisi penggunaan, biasanya kardus die cut dibagi lagi ke berbagai macam bentuk seperti mailer box, suitcase box, gift box, ballot box, tote box,


6. Kardus Partisi

Kardus partition memiliki sekat atau ruang dengan pemisah berupa lembaran kardus atau karton di dalamnya. Kardus jenis ini sering digunakan pada kardus berukuran besar yang berisi lebih dari satu jenis barang atau digunakan untuk pengemasan satu jenis barang dalam jumlah besar.

Contohnya yaitu pada produksi obat-obatan, minuman vitamin suplemen, kecap, saus, dan sebagainya.


7. Kardus One Piece Folder

One Piece Folder adalah jenis kemasan kardus yang ideal untuk membungkus barang-barang datar dengan ketebalan yang dangkal. Seperti buku, album, dan plakat. Kemudian, kardus ini pun dapat dirakit dengan cepat, sehingga memudahkan dalam proses pengemasan.


8. Kardus Jinjing

Kardus jinjing adalah jenis kotak kemasan yang dilengkapi dengan pegangan, sehingga memudahkan dalam membawanya. Pegangan pada kardus jinjing dapat memiliki berbagai model, seperti pada kotak pesta anak-anak dan kotak buku.


Pentingnya Memilih Jenis-Jenis Kardus yang Tepat

PT. Anugrah Jaya Packindo pabrik kardus terbaik di Jawa Tengah!
Pentingnya Memilih Jenis-Jenis Kardus yang Tepat

Memilih jenis kardus yang tepat sangat penting untuk memastikan keamanan dan keawetan barang yang akan dikirim atau disimpan. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih jenis kardus, antara lain:


1. Berat Barang

Pertimbangkan berat barang yang akan dikirim atau disimpan. Jika barang memiliki berat yang lebih berat, maka pilihlah jenis kardus yang lebih kuat seperti kardus double wall atau kardus triple wall.

Meski untuk mendapatkan tipe kardus ini Anda harus mencari pabrik kardus terpercaya di Jawa Tengah yang bisa benar-benar sesuai spesifikasi kebutuhan Anda.


2. Jenis Barang

Pertimbangkan jenis barang yang akan dikirim atau disimpan. Jika barang tersebut adalah barang yang mudah pecah atau rentan terhadap benturan, maka pilihlah jenis kardus yang dilengkapi dengan tambahan perlindungan seperti kardus partisi atau inner box.


3. Ukuran Barang

Pertimbangkan ukuran barang yang akan dikirim atau disimpan. Pilihlah jenis kardus yang ukurannya sesuai dengan ukuran barang tersebut. Kardus yang terlalu kecil atau terlalu besar dapat membuat barang menjadi mudah rusak.

4. Waktu Penyimpanan

Pertimbangkan waktu penyimpanan barang. Jika barang akan disimpan dalam jangka waktu yang lama, pilihlah jenis-jenis kardus yang lebih kuat dan tahan lama.


5. Jenis Pengiriman

Pertimbangkan jenis pengiriman yang akan digunakan. Jika barang akan dikirim dengan menggunakan jasa pengiriman yang memiliki risiko tinggi terhadap kerusakan, maka pilihlah jenis kardus yang lebih kuat dan dilengkapi dengan tambahan perlindungan.


PT Anugrah Jaya Packindo: Solusi Penyedia Jenis-jenis Kardus Untuk Anda

Jenis kardus sangat beragam dan memiliki fungsi serta kegunaan yang berbeda-beda. Memilih jenis-jenis kardus yang tepat sangat penting untuk memastikan keamanan dan keawetan barang yang dikirim atau disimpan. Terkadang sulit untuk berdiskusi dan menentukan kualitas kardus terbaik untuk produk Anda. Dengan memilih jenis kardus yang tepat, Anda dapat menghindari kerusakan pada barang dan memastikan bahwa barang tetap dalam kondisi baik.

Oleh sebab itu Anda tidak perlu khawatir, kami dapat membantu Anda. PT Anugrah Jaya Packindo sebagai pabrik kardus dan karton Jawa Tengah, dengan berbagai macam kardus yang memiliki kualitas produk terbaik.

Berkomitmen untuk memberikan solusi kemasan yang terbaik untuk bisnis Anda. Kami juga dapat menyesuaikan produk kardus kami dengan kebutuhan spesifik, sehingga Anda dapat memiliki kemasan yang unik dan sesuai dengan merek Anda.

Dengan pengalaman puluhan tahun di industri kardus, PT Anugrah Jaya Packindo sebagai supplier kardus dan karton box Jawa Tengah. Telah memperoleh kepercayaan pelanggan yang banyak. Apalagi dengan mengutamakan kualitas produk dan pelayanan yang prima.

Dengan demikian, pelanggan dapat merasa yakin dan puas dengan produk dan layanan yang kami sediakan. Jadi, jangan ragu untuk memilih PT Anugrah Jaya Packindo pabrik kemasan kardus Jawa Tengah terpercaya sebagai partner bisnis dalam memenuhi kebutuhan jenis-jenis kardus Anda!


Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page